The Influence of Influencers and Social Media as Promotional Media on the Interest in Visiting the Lok Baintan Floating Market

Authors

  • Putri Nor Amelya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia
  • Isra Ul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia
  • Tina Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i8.1775

Keywords:

Influencers, Social Media, Interest in Visiting

Abstract

This study aims to determine the relationship and how much influence between Influencers and Social Media on Visiting Interest in the Lok Baintan Floating Market. The population in this study were Nusantara visitors in 2023 and a sample of 100 respondents. Data was collected using a questionnaire and analyzed by multiple linear regression using spss027 for window. The results showed that simultaneously the Influencer and Social Media variables had a significant effect on visiting interest in the Lok Baintan Floating Market. Partially, the Influencer variable has a significant effect on visiting interest in the Lok Baintan Floating Market while the Social Media variable has no significant effect on visiting interest in the Lok Baintan Floating Market. simultaneously the Influencer and Social Media variables affect the Interest in Visiting the Lok Baintan Floating Market. Influencer is an independent variable that has a dominant effect on Interest in Visiting the Lok Baintan Floating Market.

References

Aditya et al. (2023). Hubungan pengetahuan, dampak dan persepsi terhadap minat merdeka belajar kampus merdeka. Pendidikan dan kebudayaan.

Alfreda, V. (2022). pengaruh penggunaan tiktok terhadap perilaku konsumtif remaja kota semarang.

Alvianna. (2020). Pengaruh attraction, accessibillity, amenity, ancillary terhadap kepuasan generasi millenial berkunjung ke tempat wisata. Kepariwisataan.

Ardinata, S. R. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap minat berkunjung wisatawan di kawasan wisata Chinangkiak Dreampark Solok Sumatera Barat. ALTASIA.

DataIndonesia.id. (2023). Retrieved from https://dataindonesia.id

Dewi, L. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata Sukawana Sunrise.

Dewi, N. P. (2022). Pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata sukawana sunrise. Pariwisata dan Bisnis.

Ervandi, &. I. (2021). Pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap kenyamanan penumpang di bandar udara internasional supadio Pontianak.

Hardani et al. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup.

Herviani et al. (2020). analisis pengaruh brand trust, e-wom, dan social media influencer terhadap keputusan pembelian lipstik pix.

Ikayanti, A. (2020). Pengaruh influencer dan iklan di instagram pada pemasaran pariwisata (Studi kasus Explire Nusa Penida).

Ikayanti, A. P. (2020). Pengaruh Influencer dan Iklan di Instagram pada Pemasaran Pariwisata (Studi Kasus Explure Nusa Penida).

Indonesia Kaya. (2021). Retrieved from https://indonesiakaya.com

Indonesiabaik. (2023). Diambil kembali dari Indonesiabaik.id: https://indonesibaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi

Irfan Maulana et al. (2020). pengaruh sosial media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital .

Juniasih et al. (2021). instagramable dan influencer pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial ke pantai petitenget kerobokan.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis skripsi,tesis, dan disertai riset media, publik relations, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.

Lestari et al. (2023). pengaruh fasilitas dan sosial media terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke objek wisata gunung dempo kota pagar alam. jurnal entrepreneur dan manajemen sains (JEMS).

Lestari, A. (2022). Pengaruh audit tenure, fee audit dan ukuran KAP terhadap independensi auditor.

Maghfira, S. &. (2022). Pengaruh iklan dan harga terhadap proses keputusan pembelian (survei pada konsumen Humble Coffe Majalengka).

Maulana et al. (2020). pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital.

Mauldy, I. &. (2020). pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian (studi pada alfamart matraman raya 3 jakarta timur).

Nabila et al. (2020). peradaban media sosial di era industri 4.0. . instrans publishing group.

Najmudin, W. A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Kualitas layanan dan pengalaman wisatawan terhadap minat berkunjung kembali di objek wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo.

Nurbaeti. (2020). Pengaruh E-WOM dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi.

Oktavia, S. &. (2019). Pengaruh kompetensi sumber daya manusia , komitmen organisasi dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan daerah.

oktaviani, S. &. (2019). Pengaruh risiko bisnis, non-debt tax shield dan tangibility asset terhadap struktur modal .

Pariwisata, D. K. (2024). Retrieved from destinasiwisata.banjarkab.go.id

Pradana, H. (2020). pengembangan pariwisata pasar terapung kota banjarmasi. jurnal kebijakan pembangunan.

Pratiwi et al. (2021). pengaruh media sosial event pariwisata, dan fasilitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali di sandboarding gumuk pasir parangkusumo. jurnal fokus manajemen bisnis.

Rahmadayanti, T. (2020). Pengaruh efektivitas media sosial, daya tarik, harga tiket, dan fasilitas pelayanan wisata terhadap keputusan berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan.

Rampai, B. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In S. Wulandari, Dasar-dasar statistik dalam penelitian kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Rizki, W. (2023). Analisis persepsi masyarakat terhadap pertambangan emas tanpa izin dampaknya di kecamatan tebo ulu.

Sahir, S. (2022). Metodologi Penelitian. Bantul-Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Sari, W. &. (2021). Pengaruh media sosial, kualitas layanan dan pengalaman wisatawan terhadap minat berkunjung kembali di objek wisata Pulepayung Kabupaten Kulon Progo. Ekonomi dan Bisnis.

Sari, W. A. (2022). Pengaruh model project based learning berbasis guided discovery terhadap hasil belajar ips kelas VII Mts istiqlal sidomulyo. JECO.

Saununu, S. R. (2024). Pengaruh sosial media marketing dan influencer marketing terhadap minat berkunjung wisatawan di provinsi maluku. jurnal penelitian ilmu sosial.

Sudarmanto, S. (2021). Analisis karakteristik personal, peran pimpinan dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sujerweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suwarsa, T. &. (2021). Pengaruh pajak restoran dan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah kota Padang Sidempuan periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi.

Syifa, M. P. (2019). pengaruh pengetahuan pajak, persepsi atas efektifitas sistem perpajakan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pph pasal 21 dalam melapor spt.

Tamini, R. &. (2022). pengaruh pemasaran wisata pasar terapung lok baintan terhadap ekonomi masyarakat lokal di kecamatan sungai tabuk kabupaten banjar. jurnal scientific.

Umami, R. (2022). pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru (study kasus pada SDN Warakasa 03 jakarta).

Winasih, Y. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap evaluasi kinerja karyawan studi kasus pada bank bri Otista.

Zulanda, P. (2021). Pengaruh media sosial, event pariwisata, dan fasilitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali di Sanboarding Gumuk Pasirr Parangkusumo.

Downloads

Published

2024-08-20