The Influence of Cultural Values and Individual Seller Behavior on Tourists' Interest in Visiting the Lok Baintan Floating Market

Authors

  • Tarisa Qathrinada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia
  • Isra Ul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia
  • Rifqi Amrulloh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59188/eduvest.v4i8.1774

Keywords:

Cultural Value, Vendor Individual Behavior, Tourist Interest in Visiting

Abstract

This study aims to determine the effect of cultural values and individual seller behavior on tourist interest in visiting the Lok Baintan Floating Market. The population in this study were Nusantara visitors in 2023 and a sample of 100 respondents. Data was collected by questionnaire and analyzed by multiple linear regression using spss027 for window. The results showed that cultural values, such as the uniqueness of floating market traditions and local experiences, have a significant positive influence on tourist interest. In addition, individual seller behaviors, such as friendliness, selling skills, and knowledge of local products, also have a positive effect on tourist interest. These findings underscore the importance of maintaining cultural values and improving the quality of individual seller behaviors as strategies to increase tourist interest in Lok Baintan Floating Market. The practical implication of this study is the importance of developing training programs for sellers to improve service quality and introduce cultural values to tourists. This research contributes to the understanding of the factors that influence tourist interest in traditional markets such as the Lok Baintan Floating Market.

References

Azizah, A. (2022). Pengaruh kompensasi, beban kerja, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja pada pegawai LKMS-BWM Indonesia.

Harap, R. (2020). Pengaruh Kualitas DayaTarik Wisata Budaya Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara ke Kotagede.

Irawan, M. e. (2021). PENGARUH FASILITAS WISATA, PROMOSI DAN HARGA.

Irianto. (2020). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Dan Nilai Budaya Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatan Gunung Selok Di Kabupaten Cilacap.

Lubis, P. &. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan UD Adli di desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan.

Nathania, E. &. (2020). pengetahuan, sikap, dan perilaku penjual terhadap pelarangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai di pasar tradisional badung kota Denpasar .

Niswah, L. (2023). Strategi pemasaran dalam program year and sale (studi kasus pada robinson departemen store semarang).

Novia, Y. (2023, Mei 7). Bloggerkalteng. Retrieved from Teori Nilai Budaya(Cultural values theory): https://www.bloggerkalteng.com/2023/05/07/teori-nilai-budaya-cultural-values-theory/

Nurbaeti. (2020). Pengaruh E-WOM dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi.

Pratiwi, P. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Sanboarding Gumuk Pasir Parangkusumo.

Pura, D. H. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, fasilitas wisata, dan pelayanan terhadap minat berkunjung (studi kasus di objek wisata kalibiru Kabupaten kulon Proho). Skripsi. Tersedia pada UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

Putra, M. e. (2022). identifikasi nilai budaya masyarakat sungai jelai basirih selatan sebagai sumber belajar Ips.

Putri, A. A. (2024). pengaruh program voucher diskon dan program gratis ongkos kirim terhadap minat beli ulang pada aplikasi shopee food.

Ratnasari, S. &. (2021). Efek perilaku individu terhadap kinerja karyawan.

Romer, E. (2020). pengaruh harga transfer dan kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak.

Sanaky, M. s. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK .

Sudarmanto, S. (2021). analisis karakteristik personal, peran pimpinan, dan komitmen organisasi terhadap OCB.

Suherman et al. (2022). Analisis E-Servqual dan Etika Perilaku Penjual Terhadap E-Satisfaction Shopee. Jurnal Sekretari dan Manajemen.

Suherman, S. &. (2022). analisis E-Servqual dan etika perilaku penjual terhadap E-satisfaction shopee.

Widjianto, T. (2019). Pengaruh daya tarik wisata, promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass.

Yandi.A et al. (2023). faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan wisatawan.

Yulia, R. (2021). Pengaruh Citra Wisata Nilai Budaya Resonansi Pelanggan pada Minat Berkunjung pada Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia Bandung Semarang.

Downloads

Published

2024-08-20